Resep Nasi Goreng Kampung: Favoritnya Orang Indonesia!

Siapa yang tak menyukai nasi goreng? Masakan olahan nasi ini mungkin menjadi salah satu hidangan terfavorit di Indonesia. Walaupun nasi goreng bukan berasal dari Indonesia, namun nasi goreng sudah seperti sajian khas dari Indonesia. Hal ini dikarenakan nasi goreng dapat Anda jumpai hampir di semua restoran atau tempat makan, dan Anda pun dapat dengan mudah menjumpai pedagang pinggir jalan yang menghidangkan menu nasi goreng. Nasi goreng yang berasal dari Cina ini adalah sajian nasi yang digoreng bersama bumbu atau rempah, serta ditambahkan berbagai bahan lainnya seperti lauk pauk atau sayuran. Nah, salah satu hal yang menjadikan nasi goreng digemari banyak orang adalah selain memiliki rasa yang enak, pembuatannya pun terbilang mudah dan simpel. Selain itu, nasi goreng sangat erat kaitannya dengan kegemaran orang Indonesia terhadap nasi.

Kini terdapat banyak sekali varian nasi goreng di seluruh penjuru Indonesia. Bahkan Jawa memiliki varian nasi gorengnya sendiri. Di antara banyaknya varian nasi goreng, terdapat salah satu varian nasi goreng yang mungkin sering Anda dengar namanya di restoran, yakni nasi goreng kampung. Sebenarnya tidak ada perbedaan khusus antara nasi goreng kampung dengan nasi goreng lainnya, namun nasi goreng kampung biasanya dimasak bersama lauk pauk yang lengkap alias tidak polos. Nasi goreng kampung pun menggunakan bumbu-bumbu khas Indonesia sehingga dinamakan ‘kampung’ atau yang identik dengan tradisional. Tak perlu berlama-lama lagi, ini dia resep nasi goreng kampung beserta cara membuat nasi goreng kampungnya.

41. nasi goreng kampung

Bahan-Bahan:

-150 gram nasi putih atau sepiring nasi

-2 siung bawang putih, dicincang

-5 butir bawang merah, diiris

-1 buah cabai merah, diiris

-1 sdm daging sapi, diiris

-1/2 sdt terasi

-1 butir telur, dikocok lepas

-1 batang daun bawang, diiris

-1 sdt cabai rawit iris

-1 sdt kecap manis

-1 sdm margarin

-garam dan merica secukupnya

Bahan-Bahan Pelengkap (optional):

-acar bening

-ikan goreng

-telur dadar iris

-sambal terasi

-daun kemangi

Langkah-Langkah:

  1. Langkah pertama untuk resep nasi goreng kampung ini adalah memanaskan margarin di atas wajan. Setelah meleleh dan panas, masukkan bawang putih, bawang merah serta cabai merah. Tumis ketiga bahan hingga tercium harum.
  2. Setelah itu, masukkan daging sapi, kemudian aduk terus hingga daging berubah warna.
  3. Berikutnya, masukkan terasi, lalu aduk dan sisihkan di bagian tepi wajan.
  4. Masih pada wajan yang sama, masukkan telur dan aduk hingga telur matang.
  5. Masukkan nasi putih, daun bawang, cabai rawit, kemudian aduk sebentar hingga semua bahan tercampur rata.
  6. Selanjutnya, masukkan kecap, garam serta merica secukupnya. Aduk terus hingga nasi goreng kampung Anda teraduk dengan sempurna.
  7. Setelah nasi matang dan rasanya sudah sempurna (coba dulu sebelum diangkat, jika belum sedap tambahkan garam), angkat dan sajikan panas-panas bersama bahan pelengkap!

Itu dia resep nasi goreng kampung beserta bahan-bahan dan langkah-langkah yang harus Anda lakukan. Sangat mudah dan praktis untuk dicoba di rumah, bukan? Nasi goreng kampung ini dapat menjadi alternatif untuk santapan Anda sepanjang hari, baik untuk sarapan, makan siang, hingga makan malam. Anda dapat membuatnya dalam waktu beberapa menit saja, sehingga nasi goreng kampung bisa menjadi jawaban saat kelaparan melanda! Anda dapat mengkreasikan sendiri nasi goreng kampung Anda dengan menggunakan bahan-bahan lainnya seperti mengganti daging sapi dengan daging ayam, atau memasukkan sedikit saus tiram agar rasanya semakin gurih. Must try!

Sumber: Infokuliner

Facebooktwitterredditpinterestlinkedintumblrmail