Resep Masakan dari Daging Sapi: Swedish Meatball, Bakso Ala Swedia

Mencicipi berbagai kuliner khas Nusantara adalah kesenangan yang tiada batas, karena ada banyak sekali sajian kuliner yang tersedia dari berbagai daerah di Indonesia. Namun bagaimana jika Anda juga mencoba mencicipi sajian kuliner dari negara lain yang tak kalah menarik? Nah, salah satu sajian kuliner khas luar negeri yang menarik perhatian kami adalah Swedish Meatball.

Tak hanya Indonesia saja lho yang memiliki sajian kuliner bakso. Swedia pun memiliki sajian baksonya sendiri! Namanya adalah Swedish Meatball, atau jika diartikan artinya bakso atau bola-bola Swedia. Masakan asal Swedia ini berupa bola-bola daging yang dimasak bersama beberapa rempah dan bumbu. Namun yang menarik adalah bakso daging ini akan disajikan bersama kuah atau saus yang berasal dari kaldu sapi, krim serta garam dan merica yang dimasak bersamaan. Selain itu, Swedish Meatball juga biasanya disajikan bersama kentang rebus untuk menambah cita rasa dan kandungan nutrisi di dalam satu piring. Sudah penasaran dengan rasanya yang sedap? Ini dia resep masakan dari daging sapi khas Swedia ini.

image

Bahan-Bahan Bola Daging:

-300 gram daging sapi giling

-1/2 buah bawang bombay, dicincang kasar

-1 sdm mentega tawar

-25 gram tepung panir

-3/4 sdt garam

-1/4 sdt merica hitam bubuk

-1/2 sdt pala bubuk

-1 butir telur, bagian kuningnya saja

Bahan-Bahan Saus:

-50 gram mentega tawar

-1/2 buah bawang bombay, dicincang kasar

-1 sdm tepung terigu

-400 ml kaldu daging ayam

-75 gram sour cream

-1/4 sdt garam

-1/4 sdt merica bubul

-1 batang parsley, diiris halus sebagai taburan

Langkah-Langkah:

  1. Mengawali resep masakan dari daging sapi khas Swedia ini adalah membuat adonan bola-bola daging. Caranya, campurkan semua bahan-bahan bola daging di atas menjadi satu di dalam sebuah wadah. Aduk semua bahan hingga tercampur rata. Aduk menggunakan tangan agar dapat memudahkan Anda. Pastikan tangan Anda sudah bersih, atau gunakan sarung tangan plastik, ya!
  2. Setelah adonan bola-bola daging sudah dicampur rata, bentuklah menjadi adonan bulat menggunakan sendok. Jika Anda ingin menyerupai bentuk bola-bola daging aslinya, bentuklah agak besar agar jumlah bola-bola daging yang dihasilkan tidak terlalu banyak. Namun jika Anda memiliki anak kecil, Anda bisa membentuk bulatan yang lebih kecil untuknya.
  3. Jika adonan sudah dibentuk bulat, panaskan mentega tawar di atas wajan, lalu tumis adonan bola-bola daging tadi hingga berubah warna. Jika dirasa sudah matang, angkat dari wajan, lalu tiriskan.
  4. Nah, cara membuat masakan dari daging sapi ini agar berhasil juga terletak pada saus atau kuah siramannya. Pertama, panaskan terlebih dulu mentega tawar. Setelah panas, tumislah bawang bombay hingga tercium bau harum.
  5. Setelah itu, masukkan tepung terigu dan aduk-aduk hingga berbutir.
  6. Selanjutnya, tuangkan kaldu daging sapi, garam, serta merica bubuk. Aduk lagi hingga mengental. Jangan didiamkan tanpa diaduk, ya.
  7. Terakhir, tambahkan sour cream, lalu aduk hingga membentuk saus yang agak kental. Masaklah hingga matang.
  8. Masukkan bola-bola daging ke dalam saus yang sudah matang, aduk sebentar agar bola daging terbalut saus dengan rata, kemudian angkat.
  9. Sebelum disajikan, taburi dulu Swedish meatball Anda dengan parsley yang sudah diiris tips. Swedish meatball Anda pun siap disantap!

Sajian resep masakan dari daging sapi ini sangat cocok untuk makan siang atau makan malam Anda dengan keluarga. Daging sapi tentunya disukai oleh semua kalangan umur, dan si kecil pasti akan suka dengan sajian daging ini, apalagi bentuk bulatnya yang lucu, serta tambahan saus yang creamy di atasnya. Smaklig måltid!

Sumber: Infokuliner

Facebooktwitterredditpinterestlinkedintumblrmail