Resep Membuat Kacang Bawang Empuk Gurih

Resep Membuat Kacang Bawang Empuk Gurih – Kacang merupakan jenis makanan kecil yang dapat diolah menjadi berbagai jenis makanan. Bisa anda buak kacang rebus, kacang goreng, kacang telur dan kacang bawang. Salah satu olahan kacang yang banyak disukai masyarakat adalah kacang bawang, pasalnya kacang bawang memiliki rasa yang asin, gurih dan enak saat dimakan. Kacang bawang merupakan cemilan yang pas untuk menemani kita ketika nonton tv atau untuk menyuguh tamu yang datang kerumah.

Kacang Bawang Empuk

Pada musim lebaran, banyak orang menyajikan kacang bawang sebagai suguhan para tamu yang hadir. Meskipun kita mengkonsumsinya dalam jumlah banyak, tetapi kacang bawang tidak akan membuat kita kenyang bahkan cenderung kita tidak mau berhenti menggoyang lidah. Jika anda tidak percaya silahkan buktikan sendiri. Ditoko-toko banyak yang menjual kacang bawang dalam bentuk toples maupun kemasan dan tentunya dengan harga yang relatif lebih tinggi. Mengapa anda tidak berfikiran untuk membuatnya sendiri? Membuat kacang bawang terbilang cukup mudah dan jika anda ingin tahu bagaimana cara membuatnya, silahkan terlebih dahulu anda siapkan bahan yang dibutuhkan.

Resep Membuat Kacang Bawang Empuk Gurih

Bahan Yang Digunakan :

  • Kacang tanah 250 gr
  • Bawang putih 3 siung
  • Bawang merah 4 siung
  • Santan kental 100 ml liter
  • Gula pasir secukupnya
  • Garam secukupnya
  • Kapur sirih secukupnya

Cara Membuat Kacang Bawang :

  1. Pertama-tama kapur sirih dilarutkan kedalam air untuk merendam kacang tanah. Sebelum direndam, kacang tanah harus direbus terlebih dahulu dan dikupas kulitnya. Rendam kacang tanah dalam larutan kapur sirih selama 30 menit.
  2. Jika sudah, tiriskan dan rendam kembali tetapi pada santan yang telah dibumbui dengan bawang putih yang dihaluskan. Beri ½ sendok the gula pasir dan garam secukupnya. Jika kurang asin anda bisa menambahkannya sesuai selera. Diamkan kembali selama 30 menit.
  3. Dan langkah selanjutnya adalah anda siapkan penggorengan, panaskan minyak dengan api yang sedang bersama bawang putih yang telah diiris tipis. Jika bawang putih yang digoreng sudah terasa renyah, silahkan tiriskan terlebih dahulu.
  4. Masukkan kacang tanah, goreng hingga berwarna kuning keemasan dan angkat. Proses penggorengan tidak boleh matang terlebih dahulu karena proses pematangan akan terus berjalan ketika kacang tanah diangkat. Jika anda biarkan kacang tanah berada pada minyak yang panas hingga matang, maka ketika diangkat kacang akan gosong.
  5. Jika kacang tanah sudah diangkat anda masukkan bawang goreng tadi sambil diaduk rata dan sebelum memasukannya kedalam toples sebaiknya anda diamkan dulu hingga kacang bawang dingin.

Sumber: Infokuliner

Facebooktwitterredditpinterestlinkedintumblrmail