Resep Cara Membuat Soto Ayam Gaya Lamongan

INDONESIA adalah negri 1001 Soto. Hampir setiap daerah nusantara memiliki jenis dan karakter soto–nya masing- masing. Dari sekia banyak varian Soto Nusantara, Saya harus memilih Soto Ayam Gaya Lamongan sebagai pilihan Favorit saya. Selapis lebih unggul di atas Soto Ayam dari Banjarmasin yang juga tidak kalah gurih.

Resep Cara Membuat Soto Ayam Gaya Lamongan

Soto Ayam Gaya Lamongan terdiri atas ayam goreng yang di sayat tipis-tipis, dengan kuah encer yang dibuat dari kaldu ayam kampung yang sungguh gurih, rajangan kol, dan Sohun. Tapping-nya adalah taburan koya , rajangan daun bawang, dan bawang merah goreng. Kodimen-nya adalah sambal kecap manis, dan sari jeruk nipis. Koya adalah kerupuk udang goreng yang di tumbuk sampai halus dengan bawnag putih goreng yang aromanya sangat harum, dan menciptakan sensasi krenyes – krenyes pada kuah kaldu Soto Ayam Gaya Lamongan yang gurih. Comford food ini mudah di sukai siapa saja dan kapan saja.

Soto Ayam Gaya Lamongan favorit saya adalah Soto Ayam Pak Sadi , Jl. Ambengan 3 A , Surabaya. 031 5323998, dulunya Pak Sadi berjualan Soto dengan gerobaknya di sekitar sekolah di jalan Ambengan , Surabaya, sehingga di kenal dengan nama Soto Ambengan, ketika ia mulai megembangkan usahanya, ia memilih brending Pak Sadilengkap dengan potonya – yang terbukti berhasil yang sekarang sudah hadir di banyak kota besar Indonesia. Di Jakarta. Gerai Pak Sadi yang sering saya kunjungi berlokasi di jalan Woter Monginsidi 28, Jakarta Selatan. Jangan heran Soto ayam Pak Sadi ini Sudah masuk Wikipedia juga , loh? Legendaris dan eksis banget.

Di Soto Ayam Gaya Lamongan Pak Sadi , selain ayam goreng, bisa di pilih brutu ayam ( bagian ekor/ tungging ayam ) aritan , ( telur ayam muda yang masih di dalam perut ). Dan jeroan ayam. Tingkat kegurihan nya sangat pas- baik di makan dengan atuapun tanpa nasi.

Soto lain yang saya sukai bila sedang berkunjung ke Surabaya adalah soto daging Sapi Gagak Madura. Favorit saya adalah Soto Madura Gubeng Pojo Asli, Jl, Kusuma bangsa 30. Surabaya, 031 3891164, Dulunya , Angkringan ini berpangkalan di pojok jalan sekarang Stasiun Gubeng.

Resep Cara Membuat Soto Ayam Gaya Lamongan

Berikut ini adalah resep generic untuk membuat Resep Cara Membuat Soto Ayam Gaya Lamongan.

Bahan:

1 Ekor ayam kampong.
6 Butir telur ayam > di rebus.
¼ Kol atau kubis > di Rajang halus.
4 Batang serai ( serai ).
6 Lembar daun jeruk purut.
2 Lembar daun salam.
200 gram Sohun > direndem air panas, tiriskan setelah lunak.
2 Batang daun bawang > di Rajang halus.
Bawang merah goreng secukupnya.

Bumbu:

8 Siung bawang putih.
5 Siung bawang merah.
5 Butir kemiri > di sangria.
1 kelingking jahe > di bakar.
1 Kelingking kunyit > di bakar.
2 Sdt merica bubuk putih.

Cara:

  • Rebus ayam kampong utuh dalam sekita 3 liter air, dengan serai, daun salam, dan jeruk perut, dan sedikit garam.
  • Bila sudag empuk, angkat ayam, tiriskan dan goreng dengan minyak goreng.
  • Bumbu-bumbu di haluskan dan di tumis dengan sedikit minyak, masukan ke dalam kaldu dan teruskan memasak dengan api kecil.
  • Penyajian: tata sou Sohun dan rajangan kol di mangkuk kecil, masukan sayantan tipis- lebar ayam gaoreng, setengah telur ayam rebus, siram dengan kuah soto, taburi dengan rajangan daun bawang, bawang merah goreng dan koya.
  • Untuk koya, tumbuk 2 kerupuk udang goreng dan 2 sdm goreng bawang putih goreng sampai menjadi bubuk halus. Taburkan sesaat sebelum menyantap soto . bila terlalu lama terendam kuah panas, koya akan menjadi lembek dan kehilangan tujuanya sebagai constrasting texture.

Sumber: Infokuliner

Facebooktwitterredditpinterestlinkedintumblrmail