Membuat Roti Empuk Dengan Teknik Water Roux

Teknik Water Roux

Water roux merupakan teknik yang biasanya digunakan untuk membuat roti empuk yang memiliki tekstur lembut di dalamnya. Teknik ini telah banyak digunakan di beberapa negara oleh para toko roti dalam pembuatan produk-produk mereka, meski begitu teknik ini belum begitu terkenal di Indonesia, paling hanya orang-orang yang memiliki dasar ilmu memasak saja yang mengetahuinya.

Meski namanya terkesan sulit, namun teknik water roux ini sebenarnya sangat mudah untuk dipraktekkan, tanpa bahan khusus atau pun alat khusus. Sehingga para pemula yang tidak bisa memasak sekali pun bisa mencoba teknik ini. Bagi anda yang telah mencoba berbagai resep roti namun belum mampu menciptakan roti yang empuk dan enak, sepertinya teknik ini patut untuk dicoba.

Water roux sendiri sebenarnya adalah campuran terigu dan air yang diaduk di atas api hingga keduanya tercampur rata. Campuran ini dipercaya dapat mengikat adonan-adonan roti sehingga saat dimasak menciptakan rongga-rongga di dalamnya dan hasilnya roti menjadi empuk dan memiliki tekstur yang lembut.

Berikut ini langkah-langkah pembuatan adonan water roux

Bahan dan alat :

– Tepung terigu protein tinggi sebanyak 5 sdm (bisa didapatkan di toko-toko roti dengan menyebutkan terigu protein tinggi)

– Air 125 ml

– Panci kecil

– Sendok untuk mengaduk

Cara membuat :

– Nyalakan kompor dengan api yang paling kecil, api harus benar-benar yang paling kecil karena adonan ini tidak boleh dimasak terlalu panas.

– Masukkan tepung terigu protein tinggi dan air ke dalam panci, aduk sebentar lalu masak di atas api kecil. Aduk terus hingga adonan berjejak dan sedikit kental, waktu memasak tidak lebih dari satu menit. Kesalahan memasak menyebabkan adonan ini tidak bisa digunakan.

– Angkat dan dinginkan, tutupi adonan tersebut dengan plastik agar permukaan adonan tidak menggumpal. Setelah dingin adonan sudah siap untuk digunakan.

Adonan water roux bisa langsung dicampurkan di dalam adonan roti, takaran di atas bisa digunakan untuk satu resep penuh. Water roux bisa digunakan di beberapa jenis roti, seperti donat, roti isi, roti sobek bahkan bisa digunakan pada adonan dasar pizza agar hasilnya lebih lembut.

Sumber: Infokuliner

Facebooktwitterredditpinterestlinkedintumblrmail