10 Tips Agar Tidak Mudah Ngantuk saat Puasa (Terbukti Efektif)

tips-agar-tidak-mudah-ngantuk-saat-puasa-doktersehat

Dari sekian banyak ‘godaan’ yang datang selama menjalani ibadah puasa, ngantuk adalah salah satunya. Ditambah dengan tidak bisanya Anda untuk mengusir ngantuk dengan sejumlah cara yang biasa dilakukan seperti minum kopi, ngantuk pun semakin menjadi-jadi dan kemudian mengganggu aktivitas. Lantas, bagaimana tips agar tidak mudah ngantuk saat puasa?

Penyebab Mudah Ngantuk saat Puasa

Berpuasa di bulan Ramadan diawali dengan kegiatan sahur kala dinihari. Nah, kondisi ini berdampak pada berubahnya siklus tidur Anda oleh karena harus bangun lebih pagi untuk sahur. Menurut studi yang dirilis oleh Journal of Sleep Research, siklus tidur tersebut membuat waktu tidur pulas (rapid eye movement) berkurang, sehingga yang terjadi adalah rasa kantuk di sepanjang hari.

Tak hanya itu, penyebab mudah ngantuk saat puasa juga karena tidak adanya asupan makanan dan minuman ke dalam tubuh sampai nanti waktu berbuka puasa tiba. Akibatnya, produksi hormon melatonin, yakni hormon yang membuat tubuh tetap terjaga, mengalami penurunan, sehingga yang terjadi selanjutnya adalah muncul rasa ngantuk saat puasa di siang hari.

Tips Agar Tidak Mudah Ngantuk saat Puasa

Rasa ngantuk saat puasa mungkin saja tidak bisa dihindari. Namun, jangan sampai ngantuk malah mengganggu produktivitas Anda, karena biar bagaimanapun, Anda tetap harus beraktivitas, bukan? Berikut ini tips agar tidak mudah ngantuk saat puasa yang bisa diterapkan.

1. Sesuaikan Jadwal Tidur

Selama bulan Ramadan, Anda diharuskan bangun sekitar pukul 03:00 dinihari guna melaksanakan sahur. Agar durasi tidur tetap ideal, sekaligus mengatasi ngantuk pada saat puasa, sesuaikan jadwal tidur dengan cara tidur lebih cepat dari biasanya.

Apabila Anda biasa tidur pukul 22:00 atau 23:00 di malam hari, maka selama bulan Ramadan, cobalah untuk tidur di jam 21:00. Kemudian, Anda bisa sisihkan waktu pada keesokan harinya untuk sejenak tidur, misalnya di sela-sela jam istirahat kerja.

2. Power Nap

Power nap adalah salah satu cara menghilangkan ngantuk saat puasa yang patut Anda coba. Sisihkan kurang lebih 30 menit di siang hari (pada jam istirahat kerja) untuk tidur barang sejenak. Manakala rasa ngantuk sudah tak tertahankan, jangan paksakan tubuh untuk tetap beraktivitas dan lakukan power nap ini.

Perlu diingat, jangan sampai tertidur lebih dari 30 menit karena hal tersebut malah membuat Anda jadi tertidur pulas, dan tubuh jadi terasa letih saat bangun nanti.

3. Tidur Berkualitas

Oleh karena jam tidur yang berkurang, tips agar tidak mudah ngantuk saat puasa di keesokan harinya adalah dengan membuat tidur Anda berkualitas.

Agar menghasilkan tidur yang berkualitas, ada sejumlah hal yang harus diperhatikan, seperti memastikan kondisi ruangan tidur nyaman, tenang, sejuk, dan minim pencahayaan. Selain itu, Anda bisa menggunakan masker mata supaya lebih mudah untuk terlelap.

4. Banyak Bergerak

Rasa ngantuk yang mendera di kala siang hingga sore hari dapat diatasi dengan cara mengatasi ngantuk pada saat puasa yang satu ini. Melakukan aktivitas yang menggerakan tubuh seperti berjalan kaki, misalnya. Menurut penelitian yang dilakukan, jalan kaki setidaknya 10 menit dapat memberikan energi bagi tubuh yang bisa digunakan untuk 2 (dua) jam ke depan.

Hal ini tak lepas dari fakta bahwa berjalan kaki memicu oksigen untuk dapat teraliri ke pembuluh darah, otot, hingga otak. Perlu diketahui, ngantuk di siang hari saat puasa salah satunya dipicu oleh terhambatnya aliran oksigen menuju otak. Jadi, jangan lewatkan juga tips agar tidak mudah ngantuk saat puasa ini, ya.

5. Berbincang

Tips agar tidak mudah ngantuk saat puasa selanjutnya yang dinilai cukup ekfetif dalam mengatasi ngantuk pada saat puasa adalah dengan berinteraksi dan berbincang-bincang dengan orang-orang di sekitar, misalnya rekan kerja atau teman sepermainan.

Berbincang-bincang diklaim dapat meningkatkan konsentrasi seseorang, dan agar efeknya benar-benar terasa, cobalah untuk membahas topik-topik serius dengan lawan bicara Anda alih-alih topik ringan apalagi membosankan.

6. Cuci Muka

Mencuci muka saat merasa ngantuk juga jadi tips ampuh mengatasi ngantuk pada saat puasa, lho. Segeralah cuci muka Anda manakala rasa ngantuk datang dan tak tertahankan. Terlebih jika air yang digunakan untuk mencuci muka adalah air dingin, maka hal ini akan memberikan sensasi segar sehingga rasa ngantuk pun hilang.

Ingat, jangan sampai airnya tertelan, ya.

7. Cari Tempat Terang

Berada di tempat terang adalah cara menghilangkan ngantuk saat puasa. Pasalnya, intensitas cahaya juga memengaruhi respon tubuh kita terhadap rasa ngantuk. Cahaya yang redup ditangkap oleh tubuh sebagai waktu untuk beristirahat, sehingga tak heran Anda menjadi ngantuk.

Cobalah ke luar ruangan agar mendapat sinar matahari. Atau, setidaknya carilah tempat yang memiliki cahaya lebih terang dibandingkan ruangan Anda.

8. Meditasi

Menurut sejumlah penelitian, melakukan meditasi setidaknya 5 menit dapat menjadi cara menghilangkan ngantuk saat puasa yang cukup efektif.

Sekali lagi, jangan paksa tubuh untuk tetap bekerja apabila rasa ngantuk mulai menyerang. Cari tempat tenang, buat tubuh Anda se-rileks mungkin, tutup mata, kemudian lakukan latihan pernapasan. Tips agar tidak mudah ngantuk saat puasa ini bertujuan untuk memperlancar aliran oksigen menuju otak sehingga tubuh akan kembali bugar dan ngantuk bisa teratasi.

9. Cari Hiburan di Internet

Tak ada salahnya bagi Anda untuk sejenak memanfaatkan layar komputer selain urusan pekerjaan, terutama saat sedang ngantuk. Misalnya, mengunjungi situs portal berita, nonton series kesukaan Anda, atau mencari referensi menu makanan buka puasa. Selama tidak mengganggu pekerjaan, jangan ragu untuk melakukan cara mengatasi ngantuk pada saat puasa ini, ya.

10. Makan Teratur

Ngantuk saat puasa, sebagaimana telah dijelaskan di atas, dapat terjadi karena tubuh tidak terasupi makanan dan minuman. Guna mengurangi kadar ngantuk, maka yang bisa Anda lakukan adalah dengan makan dengan porsi yang ideal, baik saat sahur maupun berbuka puasa.

Dengan begitu, tubuh tidak cepat kehilangan energi yang mana hal tersebut akan secara otomatis menyebabkan rasa lelah yang diiringi rasa ngantuk saat puasa.

Itu dia tips agar tidak mudah ngantuk saat puasa yang layak untuk Anda coba. Semoga ibadah puasa dan aktivitas Anda tetap lancar, ya. Selamat berpuasa!

Facebooktwitterredditpinterestlinkedintumblrmail