Yuk Aplikasikan Resep Kue Sagu Keju Renyah Ini untuk Lebaran!

Wah, tidak terasa lebaran sebentar lagi datang! Hanya dalam waktu beberapa bulan saja, kita sudah akan merayakan hari kemenangan bagi umat Muslim tersebut. Nah, salah satu hal yang paling ditunggu-tunggu saat lebaran adalah hidangannya. Mulai dari masakannya yang sedap seperti ketupat, opor ayam, semur daging, dan lain-lain. Tidak ketinggalan, ada juga hidangan kue-kuenya yang enak dan bewarna-warni. Jika Anda penggemar kue tradisional khas Indonesia, kue sagu keju mungkin menjadi salah satu kue favorit Anda saat lebaran.

Kue sagu sendiri adalah sebuah jenis kue yang memiliki tekstur renyah namun tidak terlalu padat. Rasanya pun manis, namun tidak begitu manis sehingga kue sagu menjadi favorit banyak orang. Jika biasanya Anda hanya membeli atau memesan setoples kue sagu saat lebaran, bagaimana jika kali ini Anda mengaplikasikan resep kue sagu keju renyah dari kami?

6. sagu keju renyah

Bahan-Bahan:

-300 gram tepung sagu

-100 gram keju, parut

-100 gram margarin

-50 gram mentega

-150 gram gula bubuk atau gula halus

-1 butir telur, gunakan bagian kuningnya saja

-2 lembar daun pandan

-50 gram santan kental

Langkah-Langkah:

  1. Langkah pertama untuk resep kue sagu keju renyah, mulailah dari mengolah tepung sagu. Sangrailah (masak di atas wajan tanpa menggunakan minyak atau air) tepung sagu dengan daun pandan sebanyak 2 lembar. Sangrai keduanya hingga daun pandan mengering. Gunakan api yang sedang agar keduanya tidak menjadi gosong. Pisahkan.
  2. Di dalam wadah yang berbeda, masukkan margarin dan campurkan dengan mentega. Aduk kedua bahan menggunakan mixer berkecepatan tinggi, dan lanjutkan hingga campurannya menjadi rata dan bewarna putih.
  3. Setelah mentega dan margarin tercampur rata, masukkan gula bubuk atau gula halusnya, lalu aduk lagi menggunakan mixer sampai rata.
  4. Kemudian masukkan telur bagian kuningnya saja ke dalam adonan, lalu aduk terus hingga adonan menjadi rata. Pisahkan.
  5. Ambil wadah yang berbeda lagi, kemudian masukkan tepung sagu yang sudah disangrai tadi, dan campurkan dengan keju yang sudah diparut. Aduk tanpa menggunakan mixer hingga tercampur rata.
  6. Kemudian masukkan campuran tepung ke dalam adonan mentega, margarin, gula dan lainnya tadi secara perlahan dan sedikit demi sedikit. Lakukan sambil diaduk.
  7. Terakhir, masukkan santan kental ke dalam adonan sambil masih diaduk. Pastikan adonan sudah tercampur dengan rata sebelum siap dicetak dan dipanggang.
  8. Masukkan adonan ke dalam plastik bercorong sebagai pembentuk adonan kue. Gunakan corong yang memiliki bentuk gerigi untuk adonan seperti bunga.
  9. Olesi tipis-tipis loyang kue menggunakan mentega dan tepung agar nantinya kue tidak menjadi lengket.
  10. Semprotkan adonan kue di atas loyang kue dengan ukuran yang sesuai dengan selera Anda, dan lakukan hingga adonannya habis.
  11. Panggang adonan kue tersebut dengan suhu 160-170 derajat Celcius selama kurang lebih 45 menit.
  12. Cara membuat kue sagu keju renyah adalah mengeluarkan adonan kue yang sudah matang dari dalam oven, dan sajikan!

Tips:

-Gunakan santan kental yang berasal dari air perasan buah kelapa langsung, agar kue sagu keju Anda menjadi lebih renyah.

-Masukkan kue sagu keju yang sudah jadi ke dalam toples tertutup. Jika salah dalam cara penyimpanannya, kue sagu keju Anda akan kehilangan kerenyahannya.

Nah, itulah kira-kira bahan serta langkah yang dibutuhkan dalam resep kue sagu keju renyah. Anda dapat mengaplikasikannya di rumah dengan mengajak si kecil agar kegiatan memasak menjadi lebih fun!

Sumber: Infokuliner

Facebooktwitterredditpinterestlinkedintumblrmail