Resep Kue Basah Sederhana: Kue Bolu Kukus Cantik yang Berwarna-Warni

Terdapat banyak sekali pilihan jajanan pasar khas Indonesia yang dapat Anda pilih sebagai camilan sore hari. Mulai dari jajanan pasar yang memiliki rasa manis, hingga jajanan pasar yang memiliki rasa gurih atau savoury. Walaupun sudah banyak jenis kue atau jajanan dari luar negeri yang masuk ke pasaran Indonesia, jajanan pasar khas Indonesia tetap menjadi pilihan bagi banyak orang. Hal ini dikarenakan cita rasa jajanan pasar khas Indonesia yang walaupun sederhana, namun tetap terasa sedap dan mengingatkan Anda akan rumah.

Salah satu jenis jajanan pasar yang digandrungi adalah kue bolu kukus. Kue yang satu ini memiliki rasa yang manis, dan berpadu dengan tekstur yang berongga serta lembut, sehingga rasa manisnya lembut dan pas. Selain itu, kue bolu kukus ini pun dapat dikreasikan dengan berbagai pilihan rasa dan warna. Beberapa warna yang sering kita jumpai adalah warna hijau dan merah yang berpadu dengan warna putih. Cara membuat kue basah sederhana yang mudah dan tidak membutuhkan banyak bahan ini pun menjadikannya disukai oleh banyak orang. Nah, kali ini kami akan membagikan resep kue basah sederhana bolu kukus ini. Yuk dicoba!

20. kue basah sederhana

Bahan-Bahan:

-250 gram tepung terigu berprotein sedang

-200 ml susu cair

-3 butir telur

-150 gram gula pasir

-1/2 sdt vanili bubuk

-15 gram emulsifier

-1 sdt cokelat pasta

Langkah-Langkah:

  1. Langkah pertama untuk resep kue basah sederhana ini adalah mengocok lepas telur serta susu cair. Setelah teraduk dengan rata, sisihkan terlebih dulu.
  2. Di dalam wadah berbeda yang berukuran cukup besar, masukkan tepung terigu, gula pasir, vanili bubuk, dan emulsifier. Aduk hingga rata, kemudian masukkan telur dan susu cair yang sudah dikocok sebelumnya.
  3. Aduk semua bahan tersebut menggunakan mixer dengan kecepatan yang tinggi, dan lakukan terus hingga adonan mengental dan menjadi mengembang. Durasi yang dibutuhkan kurang lebih 10-15 menit.
  4. Setelah adonan teraduk dengan rata dan mengembang sempurna, bagilah adonan menjadi dua bagian untuk membentuk bolu kukus yang cantik dengan dua warna berbeda.
  5. Untuk adonan kue yang pertama, berikan cokelat pasta, kemudian aduk hingga warnanya tercampur dengan rata. Sementara itu, biarkan saja adonan kedua tetap memiliki warna putih.
  6. Saatnya memasak adonan kue bolu kukus! Pertama-tama, siapkan terlebih dulu kertas cup secukupnya, kemudian tuangkan adonan bolu kukus ke dalam kertas cup. Mulailah dengan adonan putih terlebih dulu, kemudian adonan cokelat, dan lakukan terus hingga adonan memenuhi kertas cup.
  7. Kreasikan sesuka Anda terkait lapisan bolu kukus yang akan Anda bentuk. Jika semua cup sudah terisi penuh dan dimasukkan ke dalam cetakan kue, masukkan cetakan kue ke dalam pengukus. Sebelumnya, alasi terlebih dulu cetakan kue dengan kain bersih.
  8. Kukuslah adonan kue bolu selama 15 menit atau hingga adonan mengembang sempurna. Angkat dan keluarkan kue bolu dari dalam pengukus dan cetakan kue, kemudian tunggu hingga dingin sebelum siap disajikan!

Nah, mudah sekali kan langkah-langkah yang harus Anda lakukan dalam resep kue basah sederhana ini? Selain itu, kue bolu kukus pun tidak membutuhkan banyak bahan, dan bahan-bahannya sederhana serta dapat dengan mudah Anda temukan. Oh iya, Anda dapat mengkreasikan sendiri rasa serta warna pilihan untuk kue bolu kukus ini. Cobalah kombinasi warna yang cerah dan menarik seperti kuning, oranye, atau biru terang. Jadi, tunggu apalagi? Yuk membuat kue bolu kukus ini untuk camilan santai sore di rumah!

Sumber: Infokuliner

Facebooktwitterredditpinterestlinkedintumblrmail