Rindu Kampung Halaman? Obati dengan Resep Tahu Campur Lamongan Ini

Jika Anda sedang ngidam dengan sajian khas Indonesia, terutama yang bercita rasa tinggi, berkuah, dan memiliki komponen yang ramai, Anda bisa mencoba sajian khas Lamongan, Jawa Timur yakni Tahu Campur Lamongan. Tahu campur Lamongan menjadi sangat terkenal karena keunikan rasanya yang gurih dan pedas, serta memiliki tekstur yang bermacam-macam namun seimbang dari bahan-bahan masakannya.

Tahu campur Lamongan mungkin tidak terlalu banyak dijual di daerah perkotaan seperti Jabodetabek. Tahu campur Lamongan yang terkenal sendiri dijual di Lamongan dan Surabaya. Namun Anda memang tak harus membeli. Anda dapat membuat sendiri tahu campur Lamongan ini di rumah. Bahan-bahan yang diperlukan memang cukup banyak, namun Anda hanya perlu mengikuti resep tahu campur Lamongan yang akan kami berikan berikut ini.

10. tahu campur lamongan

Bahan-Bahan:

-250 gram daging sandung lamur

-2 liter air

-2 batang serai, memarkan

-2 cm jahe, memarkan

-5 sdt garam

-3/4 sdt gula pasir

Bahan-Bahan Perkedel Singkong:

-300 gram singkong yang sudah diparut

-1/2 sdt garam

-1/4 sdt jintan

-3 siung bawang merah, haluskan

-2 siung bawang putih, haluskan

Bahan-Bahan Bumbu Halus:

-8 siung bawang merah

-4 siung bawang putih

-1 1/2 sdt ketumbar

-1/2 sdt merica

-3 cm kunyit

-1/4 sdt jintan

-2 sdm minyak untuk tumisan

Bahan-Bahan Sambal:

-50 ml kaldu sapi

-4 buah cabai rawit, kukus

-3 sdm petis

-2 siung bawang putih

-1 1/4 sdt gula pasir

-1/4 sdt garam

Bahan-Bahan Pelengkap:

-5 buah tahu kuning setengah matang

-250 gram mie kuning

-100 gram tauge, seduh

-1 bonggol daun selada

Langkah-Langkah:

  1. Langkah pertama untuk resep tahu campur Lamongan adalah mengolah perkedel singkong terlebih dulu. Pertama, aduk semua bahan perkedel singkong menjadi satu hingga rata. Setelah tercampur rata, bentuk adonan perkedel menjadi lonjong sebanyak 10 buah.
  2. Setelah dibentuk, panaskan minyak dan goreng perkedel singkong hingga matang. Tiriskan. Potong-potong saat perkedel sudah agak dingin. Pisahkan.
  3. Rebus daging, serai serta jahe hingga daging terasa lunak. Setelah sudah lunak, angkat daging, dan tunggu hingga agak dingin sebelum dipotong berbentuk persegi 1 cm.
  4. Cara membuat tahu campur Lamongan berikutnya adalah membuat sambalnya. Haluskan dulu bahan cabai, petis, dan bawang. Setelah halus, masukkan garam dan gula, kemudian aduk hingga bumbu merata. Setelah itu, tambahkan sambal dengan kaldu sapi. Aduk lagi hingga sambal rata. Pisahkan.
  5. Langkah berikutnya adalah mengolah bumbu halus. Bahan-bahan bumbu halus ini akan dimasak dengan cara ditumis, sehingga Anda harus menyiapkan wajannya terlebih dulu. Masukkan minyak, kemudian masukkan bahan-bahan bumbu halus ke dalam wajan. Tumis semua bahan hingga matang dan terasa harum. Angkat. Sisihkan.
  6. Terakhir, saatnya penyajian. Letakkan dulu bahan-bahan pelengkap tahu campur Lamongan seperti mie kuning, tahu kuning, tauge dan selada di atas piring. Setelah itu, letakkan tumisan bumbu halus di atasnya bersama perkedel singkong yang sudah dipotong-potong. Berikutnya, siram menggunakan kuah rebusan daging tadi (kuah kaldu) bersamaan dengan potongan daging. Tambahkan sambal sebagai pelengkapnya.
  7. Tahu campur Lamongan Anda pun sudah jadi dan siap disantap!

Resep tahu campur Lamongan ini memang membutuhkan banyak sekali bahan dan melewati langkah memasak yang cukup melelahkan. Namun bagi Anda yang rindu dengan masakan kampung halaman, sajian yang dapat Anda masak di rumah ini bisa menjadi pengobat rindu.

Sumber: Infokuliner

Facebooktwitterredditpinterestlinkedintumblrmail