Santapan Istimewa di Rumah: Resep Ayam Bakar Madu

Ayam adalah salah satu sumber protein terfavorit di Indonesia, karena harganya relatif lebih murah dibandingkan daging sapi, memiliki tekstur yang enak dan padat dibandingkan ikan, serta memiliki rasa yang enak dan sedap. Selain itu, ayam pun sangat mudah untuk diolah dan dikreasikan sesuai selera. Jika Anda malas, Anda bahkan dapat memakan ayam yang digoreng saja, tentunya dengan sedikit bumbu. Anda dapat memasak ayam dengan bagian utuh, atau bagian dagingnya saja alias fillet. Nah, kali ini kami akan membahas mengenai resep ayam yang menarik dan berbeda dari biasanya. Anda dapat mencobanya di rumah untuk santapan yang istimewa sebagai sajian variasi di rumah. Kali ini kami akan membahas mengenai resep ayam bakar madu!

79. ayam bakar madu

Ayam bakar madu adalah salah satu varian olahan ayam yang dibakar, namun uniknya menggunakan madu. Ya, madu yang manis dapat cocok disajikan dengan ayam bakar, lho! Rasanya menjadi sangat unik dan tentunya lezat, dengan perpaduan manis dari madu dan daging ayam bakar yang empuk dan masak. Nah, jika anda penasaran ingin mencoba, langsung saja aplikasikan cara membuat ayam bakar madu berikut ini.

Bahan-Bahan:

-1 ekor ayam, dipotong menjadi 4 bagian

-1 liter air

-1 ruas jahe, dimemarkan

-1 ½ sdt air asam jawa

-1 ½ sdm gula merah

-4 sdm madu

-1/2 sdt ketumbar bubuk

-1/2 sdt lada bubuk

-1 sdm garam

-penyedap rasa bubuk secukupnya

Bahan-Bahan Bumbu, dihaluskan:

-6 butir bawang merah

-4 siung bawang putih

Bahan-Bahan Saus Madu:

-1 sdm margarin, dilumerkan

-1 sdm kecap manis

-1 sdm air perasan jeruk nipis

-2 sdm madu

Langkah-Langkah:

  1. Langkah pertama untuk resep ayam bakar madu adalah menumis bumbu halus. Panaskan minyak di atas wajan, kemudian masukkan semua bahan bumbu halus. Tumis hingga mengeluarkan bau yang harum, kemudian angkat.
  2. Setelah itu, saatnya merebus ayam. Rebus air, kemudian masukkan ayam hingga menjadi matang dan empuk. Lihat perubahan warna pada daging ayam sebelum mengangkat. Jika sudah matang, angkat dan tiriskan.
  3. Berikutnya, campurkan bahan-bahan saus madu menjadi satu dan aduk hingga rata. Setelah itu, oleskan daging ayam menggunakan saus madu hingga seluruh permukaannya terolesi dengan rata.
  4. Bakar ayam di atas alat pembakar, kemudian balik daging ayam beberapa kali hingga matangnya merata. Olesi daging ayam sesekali menggunakan saus madu dan lakukan berulang hingga matangnya merata dan bumbunya meresap.
  5. Angkat ayam saus madu yang sudah matang, dan sajikan ayam bakar madu Anda!

Tidak terlalu sulit bukan untuk mencoba resep ayam bakar madu di atas di rumah? Jika Anda menyukai rasa yang lebih pedas, Anda dapat menambahkan cabai giling pada bahan saus untuk olesannya pada daging ayam. Anda juga dapat menambahkan kecap manis jika menyukai rasa yang lebih manis dan agar daging ayam Anda menjadi semakin terbakar atau gosong. Ayam bakar madu sangat cocok untuk disajikan di rumah sebagai santapan makan siang atau makan malam. Ayam bakar madu akan cocok untuk anak Anda, karena tidak memiliki rasa pedas dan memiliki rasa manis yang sedap. Sajikan ayam bakar madu dengan sepiring nasi hangat dan minuman dingin. Wih! Makan siang atau makan malam Anda pasti akan menjadi sangat istimewa dan disukai semua keluarga!

Sumber: Infokuliner

Facebooktwitterredditpinterestlinkedintumblrmail