Resep Dan Cara Membuat Empal Gentong Khas Cirebon

Tidak pernah berhasil di temukan mengapa masakan yang sangat mirip soto ini di Cirebon dan sekitarnya di sebut sebagai empal gentong. sangat boleh jadi karena daging yang di masak gurih samapi empuk seperti itu memang umum disebut sebagai empal, dan daging ini di masak serta di sajikan di dalam gentong atau tempayan dari tanah liat.

Empal Gentong

Empal gentong adalah soto kental berkuah santan dengan kaldu lekoh. Taburan genereou kucai dan bumbu cabai kering merupakan ciri khas gentong.karena machtig, empal gentong harus di makan dengan nasi.

Bila dulu empal gentong di jajakan berkeliling dengan pikulan,sekarang kebanyakan penjual empal gentong memakirkan pikulanya di satu lokasi tetap untuk memudahkan pelanggan menemukanya.

Faporit saya di Cirebon adalah Mang kojek ( empal gentong nya hanya memakai kikil dan juga di sajikan bersama sumsum di dalam tulang tungkai sapi) JL, Fatahilah,plered , di pinggiran Cirebon. Empal gentong yang populer di Cirebon adalah Mang Darma (sudah meninggal, di teruskan oleh istrinya ), JL,Slamet Riyadi,krucuk(sebelah BTN), 0231 2450 69

Belakangan ini juga populer jenis empal gentong yang tidak memakai santan dengan hits rasa asam . jenis empal gentong bening encer ini di sebut empal asem.unutuk persi empal asem ini, temukan di Amarta, JL, raya Plered (deket jembatan gesik), trusmi.

RESEP

Berikut ini adalah Rresep Dan Cara Membuat Empal Gentong Khas Cirebon

Bahan

½ kg daging sapi (has, sandung lamur ,atau kikil)

½ kg jeroan(babat,paru,usus)

½ liter santan segar

2 sdm minyak goring

BUMBU

5 siung bawang merah

3 siung bawang putih    

½ sdt lada putih

2 cm kunyit

3 butir cengkih

1 Batang serai > memarkan

1 lembar daun salam

Garam secukupnya

CARA

  • Rebus daging dan jeroan secara terpisah dengan api kecil sampai empuk. Tiriskan .sisihkan kaldu rebusan daging untuk kuah empal gentong . Rebusna jeroan sebaiknya di buang .
  • Daging dan jeroan di potong dadu.
  • Haluskan bawang merah , bawang putih, kunyit, dan lada putih,dab garam. Tumis dengan sedikit minyak sampai harum. Masukan serai, daun salam dan cengkih, tumis sebentar lagi.
  • Campurkan tumisan dengan kaldu. Masukan potongan daging dan jeroan, masak dengan sapi kecil hingga mendidih.
  • Sajikan dengan ranjangan kucai, bawang merah goring, dan bubuk cabai merah.

Sumber: Infokuliner

Facebooktwitterredditpinterestlinkedintumblrmail