Referensi Resep Kue Basah dari Tepung Beras: Kue Lapis Kenyal dan Manis ala Indonesia

Siapa yang tidak mengetahui atau belum pernah mencicipi kue lapis khas Indonesia? Itu lho, kue yang terdiri dari beberapa lapis, biasanya berwarna-warni, memiliki tekstur yang kenyal, dan rasanya manis ketika dicicipi. Kue lapis adalah salah satu jenis kue tradisional Indonesia yang paling digemari karena memiliki rasa yang manis, serta warnanya yang dapat dikreasikan sesuai selera. Cara membuat kue basah dari tepung beras ini sendiri mudah, dan hanya membutuhkan 1,5 jam dari mulai mempersiapkan adonan hingga selesai memasaknya.

Kini kue lapis masih dapat Anda temukan pada beberapa toko kue, namun tidak ada salahnya jika Anda mencoba sendiri mengaplikasikan resep kue basah dari tepung beras ini di rumah. Anda juga dapat sekaligus mengenalkan kue tradisional khas Indonesia kepada si kecil. Jangan hanya memperkenalkan red velvet atau rainbow cake saja!

11. kue basah dari tepung beras 2

Bahan-Bahan:

-200 gram tepung beras

-100 gram tepung kanji

-250 gram gula pasir

-750 cc santan

-1/2 sdt garam

-1/2 sdm cokelat bubuk

-1 tetes pewarna makanan favorit

-1 lembar daun pandan

Langkah-Langkah:

  1. Langkah pertama pada resep kue basah dari tepung beras ini adalah merebus beberapa bahan bersamaan. Bahan yang harus Anda rebus secara bersamaan adalah santan, garam, gula pasir, dan daun pandan. Rebuslah bahan-bahan ini sambil diaduk perlahan agar santan tidak pecah saat direbus. Lakukan hal ini hingga santan mendidih, kemudian angkat dan disaring. Sisihkan.
  2. Di dalam wadah yang berbeda, masukkan tepung beras dan tepung kanji, lalu diaduk hingga rata. Setelah itu, tambahkan air rebusan santan yang sudah disaring tadi ke dalam adonan tepung. Masukkan secara perlahan sambil diaduk dan diuleni hingga adonan menjadi licin.
  3. Setelah kedua adonan bercampur dengan rata dan sudah tidak ada yang menggumpal, bagilah adonan menjadi dua bagian. Hal ini dilakukan untuk mendapatkan 2 warna berbeda pada kue lapis Anda. Jadi, jika Anda ingin membuat 3 warna berbeda, Anda harus membagi adonan menjadi 3 bagian, dan seterusnya.
  4. Jika adonan sudah dibagi dua, saatnya memberikan pewarna pada masing-masing bagian adonan. Pada resep ini, Anda dapat menggunakan pewarna makanan cokelat yang dicampur dengan bubuk cokelat agar cita rasanya semakin enak, lalu aduk hingga adonan rata. Sedangkan pada adonan yang lain, biarkan bewarna putih agar paduannya cantik.
  5. Setelah selesai dengan mewarnai adonan, kini Anda harus menyiapkan loyang untuk memasak adonan kue. Oleskan loyang kue dengan minyak secukupnya, lalu alasi dengan kertas plastik.
  6. Panaskan loyang terlebih dulu sebelum menuangkan adonan kue ke dalam loyang. Jika sudah, saatnya menuangkan adonan. Pertama, tuanglah 2 sdm adonan kue lapis bewarna putih, kemudian biarkan masak dan dikukus selama 5 menit, atau hingga adonan bertekstur keras.
  7. Jika lapisan pertama sudah bertekstur keras, saatnya menuangkan adonan bewarna cokelat. Lakukan dengan cara yang sama yaitu menuangkan 2 sdm adonan cokelat di atas adonan putih.
  8. Lakukan hal ini berulang kali dengan urutan selang-seling antara adonan cokelat dan putih hingga adonan kue habis.
  9. Saat Anda sudah memasukkan lapisan adonan terakhir, kukuslah adonan kue selama 50 menit agar seluruh permukaan kue dapat matang sempurna.
  10. Jika sudah matang, keluarkan kue lapis dari dalam pengukus, lalu diamkan sebentar hingga dingin.
  11. Saat kue lapis sudah agak dingin, potong-potong sesuai selera, lalu sajikan!

Itulah beberapa bahan dan langkah yang diperlukan di dalam resep kue basah dari tepung beras. Masih banyak resep kue basah yang dapat Anda buat dari tepung beras, rajin-rajinlah mencari referensi di internet, ya!

Sumber: Infokuliner

Facebooktwitterredditpinterestlinkedintumblrmail