Resep Cara Membuat Sop Buntut Istimewa

Sop Buntut adalah salah satu jenis Comfort Food yang sangat populer di Indonesia. Restoran dan Rumah Makan seolah – olah berlomba – lomba untuk menciptakan Resep Sop Buntut Istimewa. Bila menilik penamapilan dan cita rasanya, sangat boleh jadi Sop Buntut adalah masakan yang bersumber dari dapur orang – orang Belanda di massa lalu.

resep-sop-buntut-sapi-spesial

Bagian buntut sapi memang bagian yang istimewa. ada daging, ada lemak, dan ada pula kolagen-nya, sehingga menghasilkan tekstur lembut yang memukau. Kaldu bening dengan aroma cita rasa pala serta seledri yang cukup menonjol , membuat sajian ini sungguh mempesona.

Sayur yang menjadi isi Sop Buntut adalah Buncis, Kentang, dan Wortel membuatnya sungguh mirip dengan bermacam – macam Sop Sayur buatan Belanda. Bila di perlukan sambal, yang cocok unuk Sop Buntu adalah Sambal dari cabai rawit hijau.

Karena porsinya yang besar, Sop Buntut biasanya di sajikan dengan semangkuk nasi putih. cocok di sajikan pada siang yang panas maupun malam yang sejuk.

Sop Buntu yang paling saya sukai adalah masakan RM Dahapati, Jl, Cipaganti 146 ( seberang SPBU Cipaganti) Bandung 0222042751. Urutan berikut di tempati oleh Sop Buntut Cur Meutia, Jl, Menteng Kecil 4 , Jakarta Pusat, 021 3924213. Sop Buntu Cokro , Jl, H.O.S Cokrominoto 161 , Yogyakarta dan Sop Buntut Mang Endang ( cucu Ma’ Emun ) Jl, Jendral Sudirman ( deket air mancur ) Bogor. Masing – masing kota di Indonesia pastilah pula memiliki Sop Buntut juara masing – masing.

Kini , Sop Buntu banyak hadir dengan pilhan goreng dan bakar. Artinya , tulang dan daging buntutnya di keluarkan dari sop , lalu di goreng atau di bakar. Bahkan , ada juga persi Sop Buntu goreng yang di beri topping sambel hijau – seperti layaknya dengan batokok.

Berikut ini adalah Resep Cara Membuat Sop Buntut Istimewa

.Bahan

1 Buntut sapi > di potong – potong

5 Wortol > pootng 4 cm, belah 4

2 kentang > belah menjadi 6

1 mangkuk daun saledi > Rajang halus

6 adm bawangmerah goreng

Bumbu

3 Siung bawang putih

1 butir biji pala

5 butir pala

1 kelingking kayu manis

Garam, lada putih, gula secukupnya

 Cara

  • Cuci potongan buntut sapi , rebus dengan api kecil sampai daging empuk, kurang lebih 3 jam
  • Setelah empuk, buang air rebusan, dan ganti dengan air baru sekita 2 liter
  • Haluskan bawang putih, lada, biji pala dan garam tumis dengan sedikit mentega atau margarin
  • Masukan tumisan bumbu ke dalam buntut. Masukan wortol dan kentang. Terus memasak sampai buntut lebih empuk dan wortol / kentang matang.

Resep Cara Membuat Sop Buntut Istimewa siap di sajikan dengan taburan seledri dan bawang merah goreng.

Sumber: Infokuliner

Facebooktwitterredditpinterestlinkedintumblrmail