Ide Santapan Istimewa di Rumah: Resep Nasi Goreng Gila

Nasi goreng merupakan salah satu sajian kuliner yang terkenal di Indonesia dan digemari oleh banyak orang. Hal ini dikarenakan nasi goreng memiliki rasa yang sangat sedap dan lezat, cocok untuk makan siang hingga makan malam, dan sangat mudah untuk dikreasikan. Sebenarnya tidak ada resep baku untuk membuat nasi goreng, yang terpenting adalah isian nasi goreng yang lengkap, serta bumbu pelengkap nasi goreng yang cocok. Nasi yang digunakan juga harus agak kering, atau nasi yang dibiarkan semalaman, agar hasilnya tambah sedap tanpa terasa terlalu lembab. Terdapat banyak sekali varian untuk nasi goreng, dan salah satunya adalah nasi goreng gila.

76. nasi goreng gila

                Nasi goreng gila diberikan nama ‘gila’ karena memiliki rasa pedas yang sangat kuat. Nasi goreng gila memang menggunakan cukup banyak cabai yang pedas, maka dari itu, nasi goreng gila sangat cocok untuk Anda para penggemar makanan pedas. Alat Pemadam Api Nasi goreng gila sudah dapat Anda temukan di beberapa tempat makan atau restoran, namun Anda dapat membuat resep nasi goreng gila di rumah, lho! Anda hanya membutuhkan beberapa bahan dan tentunya cabai, untuk cara membuat nasi goreng gila. Yuk intip resepnya di bawah ini!

Bahan-Bahan:

-800 gram nasi putih, biarkan semalaman terlebih dulu

-2 siung bawang putih, dicincang kasar

-2 butir telur

-1/2 sdt garam

-1/4 sdt merica bubuk

-1 sdm minyak, untuk menumis

Bahan-Bahan Tumisan:

-3 pasang ampela dan hati ayam, direbus, dan dipotong-potong

-100 gram dada ayam fillet, direbus, digoreng, dan disuwir

-5 buah bakso sapi, diiris

-250 gram kol, diiris kasar

-150 gram caisim, dipotong

-2 sdm kecap manis

-1 sdt kecap ikan

-1/2 sdt garam

-1/4 sdt merica bubuk

-1/4 sdt kaldu ayam bubuk

-1 batang daun bawang, diiris halus

-100 ml air

-2 sdm minyak, untuk menumis

Bahan-Bahan Bumbu, dihaluskan:

-5 butir bawang merah

-3 siung bawang putih

-2 buah cabai merah keriting

Langkah-Langkah:

  1. Langkah pertama dalam resep nasi goreng gila adalah menumis bawang putih yang telah dicincang kasar. Masukkan bawang putih ke dalam wajan yang panas, kemudian tumis hingga mengeluarkan bau harum. Setelah itu, masukkan telur dan aduk hingga matang dan membentuk butiran kasar.
  2. Setelah itu, masukkan nasi putih dan aduk lagi hingga rata. Berikan garam dan merica ke dalamnya, lalu aduk lagi hingga merata. Angkat dan sisihkan nasi goreng.
  3. Berikutnya, di atas wajan yang berbeda, masukkan bumbu-bumbu halus di atas wajan panas. Tumis bumbu halus tersebut hingga mengeluarkan bau yang harum. Setelah itu, masukkan ampela dan hati ayam, ayam fillet yang sudah disuwir, dan bakso. Aduk lagi hingga rata.
  4. Langkah selanjutnya, masukkan kol, caisim, kecap ikan, kecap manis, garam, kaldu ayam bubuk, dan merica bubuk. Aduk lagi semua bahan hingga tercampur rata.
  5. Terakhir, tuangkan air ke dalam wajan, dan masak lagi hingga matang merata dan bumbu meresap. Nasi goreng gila Anda pun sudah siap untuk disajikan!

Nah, itulah resep nasi goreng gila yang dapat Anda aplikasikan di rumah. Resep di atas dapat membuat 4 porsi orang dewasa, sehingga cocok untuk Anda yang memiliki keluarga kecil. Nasi goreng gila dapat menjadi sajian istimewa Anda di rumah, baik untuk sarapan, makan siang atau makan malam. Eits, tapi hati-hati untuk sarapan, ya. Bisa-bisa Anda mules sesampainya di kantor!

Sumber: Infokuliner

Facebooktwitterredditpinterestlinkedintumblrmail