Cara Membuat Es Santan Susu Manis Dan Segar

Cara Membuat Es Santan Susu Manis Dan Segar – Banyak sekali varian jenis es yang ada di Indonesia, mulai dari es krim, hingga berbagai macam es dengan berbagai jenis variasi lainnya. Salah satu hidangan es yang memiliki rasa segar dan nikmat adalah es santan susu. Es santan susu ini sendiri merupakan sajian es dengan bahan dasar dan cara pembuatannya yang cukup sederhana dan simple. Es santan susu juga sangat cocok disajikan pada saat terik siang hari sebagai minuman pelepas dahaga, atau juga sebagai minuman pelepas dahaga untuk berbuka puasa.

Kandungan gizi yang ada pada susu dan santan ini, menjadikan es susu santan ini, menjadi salah satu varian es yang cocok dinikmati oleh siapapun juga. Banyak sebenarnya pedagang yang menjual es santan susu ini, anda pun juga bisa membuatnya sendiri dirumah dengan berbagai bahan dan cara membuatnya yang simple dan sederhana. Jika anda penasaran ingin mencoba membuat es santan susu ini sendiri dirumah, berikut ini adalah cara membuat es santan susu yang bisa anda coba buat.

Cara Membuat Es Santan Susu Manis Dan Segar

Cara Membuat Es Santan Susu Manis Dan Segar

Bahan – bahan :

  • Santan kelapa 1 liter
  • Vanlli bubuk ½ sendok teh
  • Susu kental manis sesuai selera
  • Gula pasir 75 gram
  • Es batu secukupnya
  • Garam dapur ½ sendok teh
  • Daun pandan 1 lembar
  • Sirup cocopandan secukupnya

Cara membuat es santan susu manis segar

  1. Yang pertama, rebus terlebih dahulu santan dicampur dengan daun pandan yang disimpulkan, kemudian aduk aduk hingga santan mendidih.
  2. Setelah mendidih, masukan garam, gula, vanili bubuk, serta tetap diaduk hingga santan kembali mendidih, dan usahakan agar santan tidak pecah.
  3. Setelah mendidih, matikan kompor, lalu biarkan santan menjadi dingin.
  4. Siapkan gelas saji, lalu masukan es batu kedalam gelas saji, sesuai dengan selera
  5. Tuangkan rebusan santan yang telah didinginkan tadi, dan kemudian tambahkan dengan susu kental manis serta sirup cocopandan.
  6. Setelah diaduk merata, es santan susu manis segar sudah siap untuk disajikan.

Anda bisa mengkombinasikan es santan susu ini dengan buah nangka atau juga dengan buah lainnya sesuai dengan selera anda. selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

 

Sumber: Infokuliner

Facebooktwitterredditpinterestlinkedintumblrmail