Menu Sehat, Sedap, Nikmat: Resep Cap Cay Goreng

Sangat penting bagi manusia untuk menjaga kesehatannya. Saat ini terdapat banyak sekali hal yang dapat mengancam kesehatan manusia, seperti radikal bebas dari polutan di jalan, atau gaya hidup yang buruk namun adiktif sehingga sulit untuk ditinggalkan. Sebenarnya kesehatan dapat dijaga jika kita mampu hidup seimbang, yaitu dengan memberikan asupan yang bergizi dan kaya nutrisi pada tubuh setiap harinya. Dengan begitu, sistem di dalam tubuh dapat bekerja lebih optimal dan kesehatan tubuh pun akan terus terjaga. Salah satu makanan yang dapat memberikan asupan bergizi pada tubuh adalah sayuran.

53. cap cay goreng

Sayuran menjadi salah satu jenis makanan di dalam 4 Sehat 5 Sempurna yang pernah dikampanyekan oleh pemerintah beberapa tahun lalu. Namun memang benar, tubuh manusia membutuhkan asupan sayuran tiap harinya. Sayuran memiliki kandungan yang baik untuk tubuh. Ada banyak sekali vitamin dan mineral di dalamnya, sehingga sangat penting peranannya bagi kesehatan manusia. Walaupun rasanya tidak seenak sumber protein atau lemak yang gurih, namun sayuran dapat disiasati agar menjadi menu makan yang sedap dan nikmat, namun tetap sehat. Misalnya resep cap cay goreng di bawah ini. Cap cay goreng dapat menjadi salah satu alternatif menu makan sehat harian Anda. Yuk ikuti cara membuat cap cay goreng yang mudah di bawah ini!

Bahan-Bahan:

-8 buah jagung muda, potong miring

-8 batang buncis, potong miring

-100 gram sawi hijau

-100 gram bunga kol

-50 gram kapri, potong miring

-50 gram jamur kuping, rendam di dalam air panas, kemudian tiriskan

-1 buah wortel, potong kecil

-1 buah tomat merah, potong

-3 butir bakso ikan, iris kecil

-2 buah sosis, potong sesuai selera

-2 batang daun bawang, iris

-2 cm jahe, memarkan

-1 butir bawang bombay, iris tipis

-4 butir bawang merah, haluskan

-50 ml air

-2 sdm kecap

-1 sdm tepung maizena

-1 sdt garam

-1 sdt bubuk merica

-1 sdt gula pasir

Langkah-Langkah:

  1. Hal pertama untuk dilakukan pada resep cap cay goreng adalah menumis bahan-bahan bawang. Panaskan terlebih dulu minyak goreng secukupnya di atas wajan. Masukkan bawang putih, bawang merah dan bawang bombay, kemudian tumis ketiganya hingga mengeluarkan wangi harum.
  2. Selanjutnya, masukkan jahe dan tomat, tumis sebentar. Tuangkan air ke dalam wajan, kemudian masukkan buncis, kapri, jagung muda, sawi, wortel, kembang kol, jamur, bakso sapi, bakso ikan, dan sosis. Aduk semua bahan tersebut hingga menjadi rata dan tercampur dengan sempurna.
  3. Jika sudah tercampur sempurna, selanjutnya masukkan garam, merica, gula pasir, kecap, dan saus tiram. Aduk kembali hingga semua bahan tercampur dengan rata, dan bumbu meresap sempurna dan terkena semua bahan secara merata.
  4. Terakhir, masukkan daun bawang serta tepung maizena yang telah dilarutkan, dan aduk terus semua bahan hingga perlahan mengental.
  5. Angkat cap cay, dan sajikan di atas piring berukuran besar. Cap cay goreng Anda telah siap untuk disajikan!

Selain sehat, resep cap cay goreng di atas sangat mudah untuk dibuat dan memiliki rasa yang gurih serta sedap. Cap cay goreng dapat Anda sajikan di rumah agar si kecil lebih tertarik dengan sayuran dan dapat menyantapnya dengan lebih mudah Oh iya, Anda dapat mengurangi atau menambahkan lagi bahan-bahan sayuran atau sumber protein pada resep di atas. Jangan memasak cap cay goreng terlalu lama karena dapat mengurangi kadar vitamin pada bahan-bahan sayuran.

Sumber: Infokuliner

Facebooktwitterredditpinterestlinkedintumblrmail