Terkena Stroke, Tio Pakusadewo Masuk Rumah Sakit

tio-pakusadewo-doktersehat
Photo Source: piah.com

Aktor senior Tio Pakusadewo dilarikan ke Rumah Sakit Pusat Otak Nasional, Cawang, Jakarta Timur. Pria berusia 55 tahun ini dikabarkan terkena stroke, namun pihak keluarga belum bisa memastikan penyakit apa yang menyerangnya.

Tio Pakusadewo Sakit Stroke Hingga Dilarikan ke UGD

Manajer dari putra Tio Pakusadewo, Nagra Kausar, bernama Surya, membenarkan kabar tentang dilarikannya Tio ke rumah sakit. Hanya saja, Surya juga belum berani menjawab saat dikonfirmasi tentang penyakit yang menyerang Tio.

“Iya benar masuk rumah sakit. Mohon doanya. Kalau untuk apakah stroke atau tidak belum jelas. Tapi sepertinya memang ada pembuluh darah yang bermasalah,” ucap Surya.

Sementara itu, Nagra diketahui menemani ayahnya di rumah sakit.

“Ada Mas Nagra di rumah sakit yang menemani. Tadi pas saya tanya lewat WhatsApp, katanya sih kondisinya sudah jauh lebih baik,” lanjut Surya.

Sebelumnya, kabar tentang masuknya Tio ke rumah sakit sempat beredar di media sosial. Dikabarkan bahwa Tio terkena stroke pada Senin, 8 Juli 2019 malam. Kabar ini bahkan dilengkapi dengan foto Tio yang sudah berbaring di ranjang rumah sakit dengan memakai alat bantu pernapasan.

Pria yang sering memamerkan kehidupan keluarganya di media sosial Instagram ini diketahui memiliki tubuh yang sehat. Bahkan, seharu sebelumnya Tio sempat mengunggah video yang menunjukkan dirinya bernyanyi dan bermain piano. Karena alasan inilah banyak yang terkejut saat ada kabar bahwa dirinya dilarikan ke rumah sakit.

“Setahu saya, beliau selalu terlihat sehat. Aktivitasnya banyak. Jadi, berita ini juga cukup mengejutkan buat saja,” pungkas Surya.

Penyebab Stroke yang Perlu Diwaspadai

Stroke adalah salah satu penyakit yang dikenal bisa memberikan dampak yang cukup fatal bagi penderitanya. Penyakit yang menyerang otak ini bisa memicu kelumpuhan atau bahkan kematian. Jika dulu penyakit ini dikenal menyerang para lansia, dalam realitanya kini stroke juga cukup sering menyerang anak muda.

Berikut adalah beberapa jenis penyebab stroke yang sebaiknya kita waspadai.

  1. Tekanan darah tinggi

Salah satu penyebab utama dari stroke adalah tekanan darah tinggi atau hipertensi. Kondisi ini biasanya ditandai dengan tekanan darah yang melebihi 140/90 mmHg. Masalahnya adalah cukup banyak masyarakat Indonesia yang mengalami masalah kesehatan ini akibat gaya hidup yang kurang sehat.

Jika tekanan di dalam pembuluh darah tinggi, maka hal ini akan membuat pembuluh darah rentan mengalami kerusakan. Bahkan, bisa jadi hal ini akan menyebabkan penggumpalan atau penyumbatan darah. Jika hal ini terjadi di pembuluh darah menuju otak, maka akan memicu datangnya stroke.

Pakar kesehatan menyebut menurunkan tekanan darah terbukti mampu menurunkan risiko stroke hingga 48 persen. Karena alasan inilah sebaiknya kita menjaga tekanan darah tetap normal.

  1. Malas berolahraga

Kurang berolahraga bisa membuat sirkulasi darah menjadi tidak lancar sekaligus meningkatkan risiko hipertensi dan kolesterol tinggi, penyebab utama dari masalah stroke. Jika kita mau mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat seperti rajin berolahraga, maka risiko untuk terkena stroke bisa ditekan hingga 36 persen.

Olahraga yang dilakukan juga tidak perlu yang berat. Kita bisa rutin berjalan kaki selama 30 menit saja setiap hari dan risiko stroke sudah bisa diturunkan dengan signifikan.

  1. Stres

Stres ternyata juga bisa meningkatkan risiko terkena stroke, lho. Hal ini disebabkan oleh kemampuan stres dalam memicu peradangan yang merusak pembuluh darah dan meningkatkan risiko terkena hipertensi. Jika hal ini sering terjadi, maka risiko untuk terkena stroke akan meningkat.

  1. Kolesterol tinggi

Kolesterol tinggi yang disebabkan oleh pola makan yang buruk ternyata bisa memicu penyumbatan pembuluh darah yang akhirnya berujung pada datangnya stroke.

  1. Merokok

Kebiasaan merokok mampu meningkatkan risiko terkena stroke hingga 12 persen. Hal ini disebabkan oleh racun dari asap rokok yang bisa merusak pembuluh darah dan memicu penumpukan plak di pembuluh darah yang bisa menyebabkan penyumbatan.

Sumber: Dokter Sehat

Facebooktwitterredditpinterestlinkedintumblrmail