5 Pemicu Asam Urat Selain Hobi Makan Jeroan

seafood-kerang-doktersehat
Photo Source: Pexels

Salah satu penyakit yang cukup merepotkan penderitanya adalah penyakit asam urat. Bagaimana tidak, penyakit ini bisa menyebabkan sensasi nyeri, pembengkakan, hingga kaku pada persendian. Bahkan, jika sampai tidak ditangani dengan baik, masalah kesehatan ini bisa memberikan dampak buruk bagi kesehatan ginjal.

Penyebab asam urat

Penyakit asam urat terjadi akibat menumpuknya zat asam urat di dalam tubuh. Zat ini kemudian membentuk kristal di dalam persendian yang bisa mengalami peradangan. Peradangan inilah yang dikenal sebagai serangan asam urat. Selain itu, kristal asam urat juga bisa memicu terbentuknya batu ginjal.

Asam urat seringkali terjadi akibat faktor pola makan yang tidak sehat, tepatnya makanan yang tinggi purin. Masalahnya adalah, masyarakat Indonesia cenderung hobi mengonsumsi jeroan yang tinggi purin. Sebagai contoh, terdapat banyak sekali olahan hati ayam, hati sapi, hingga usus di pasaran. Kita juga tidak ragu untuk sering mengonsumsinya karena rasanya enak. Padahal, hal ini bisa saja membuat asupan purin menjadi berlebihan.

Berbagai makanan lain yang juga tinggi kandungan purin

Selain jeroan, pakar kesehatan menyebut ada banyak makanan lain yang juga bisa memicu datangnya masalah asam urat jika terlalu sering dikonsumsi.

Berikut adalah makanan-makanan tersebut.

  1. Ikan sarden

Salah satu jenis ikan yang paling sering kita konsumsi karena praktis untuk diolah. Ikan sarden, khususnya sarden kalengan juga memiliki rasa yang enak dan harganya murah. Sayangnya, pakar kesehatan menyebut ikan sarden sebagai salah satu makanan dengan kandungan purin yang paling tinggi. Terlalu sering mengonsumsinya tentu akan bisa memicu datangnya masalah asam urat.

Selain tinggi kandungan purin, sarden juga tinggi kandungan garam. Meski tujuan dari penggunaan garam ini adalah untuk membuat ikan sarden lebih awet, hal ini bisa memicu peningkatan tekanan darah dan risiko hipertensi.

  1. Kerang

Salah satu jenis makanan laut yang paling digemari banyak orang ini ternyata juga bisa memicu penyakit asam urat jika terlalu sering dikonsumsi. Pakar kesehatan menyebut kerang memiliki kandungan purin yang sangat tinggi, yakni sekitar 136 mg untuk setiap gramnya. Mengonsumsinya terlalu banyak atau terlalu sering tentu bisa meningkatkan risiko terkena penyakit asam urat.

Beberapa jenis makanan laut lainnya seperti udang, lobster, kepiting, dan cumi-cumi juga bisa menyebabkan penyakit asam urat jika terlalu sering dikonsumsi.

  1. Daging merah

Daging merah seperti daging kambing atau daging sapi bisa diolah menjadi berbagai macam masakan yang lezat. Sayangnya, dibalik kenikmatannya, daging merah juga bisa menyebabkan penyakit asam urat jika terlalu sering dikonsumsi. Hal ini disebabkan oleh kandungan purinnya yang cukup tinggi. Sebagai informasi, jika kita mengonsumsi 100 gram daging merah, bisa jadi kita mendapatkan 100 mg purin.

Pakar kesehatan menyarankan kita untuk membatasi konsumsi daging merah sekitar 50 atau 75 gram saja dalam sehari demi mencegah konsumsi purin berlebihan. Kita juga sebaiknya tidak mengonsumsinya setiap hari.

  1. Beberapa jenis kacang-kacangan

Beberapa jenis olahan kacang ternyata sebaiknya tidak dikonsumsi dengan berlebihan karena bisa menyebabkan datangnya penyakit asam urat. Sebagai contoh, kita sebaiknya tidak terlalu sering mengonsumsi kacang yang digoreng atau diolah dengan tambahan tepung.

  1. Bir

Bir dan berbagai jenis minuman alkohol lainnya sebaiknya memang dibatasi konsumsinya karena bisa menyebabkan datangnya penyakit asam urat. Hal ini disebabkan oleh kandungan purin di dalamnya yang sangat tinggi. Selain itu, sudah menjadi rahasia umum jika minuman beralkohol bisa menyebabkan dampak buruk bagi kesehatan jika terlalu sering dikonsumsi.

Sumber: Dokter Sehat

Facebooktwitterredditpinterestlinkedintumblrmail