11 Menu Buka Puasa yang Sehat & Enak

makanan-buka-puasa-doktersehat

Berpuasa adalah aktivitas yang menyehatkan. Lebih menyehatkan lagi jika diimbangi dengan mengkonsumsi makanan-makanan sehat, terutama saat berbuka puasa. Hal ini karena saat buka puasa, tubuh memerlukan asupan nutrisi guna mengembalikan energi yang terbuang selama menjalankan ibadah puasa. Lantas, apa saja menu buka puasa yang sehat dan enak?

Daftar Makanan Menu Buka Puasa yang Sehat dan Enak

Buka puasa adalah momen yang pastinya ditunggu-tunggu. Setelah seharian berpuasa, saatnya bagi Anda untuk melepas rasa lapar dan dahaga dengan berbagai makanan menu buka puasa nan menggugah selera. Selain menggugah selera, hendaknya makanan untuk buka puasa juga terdiri dari makanan-makanan yang menyehatkan.

Berikut ini adalah daftar makanan menu buka puasa yang sehat dan enak untuk Anda coba hidangkan di rumah.

1.   Sayuran

Makanan buka puasa yang harus ada di meja makan Anda salah satunya adalah sayuran. Ketika berpuasa, lambung akan rehat dari tugasnya. Hal ini membuat ukuran lambung mengalami penyusutan, pun produksi enzim pencernaan berkurang.

Anda disarankan untuk mengkonsumsi sayuran saat berbuka puasa, oleh karena sayuran adalah jenis makanan untuk buka puasa yang mudah dicerna. Dengan begitu, lambung tidak langsung bekerja keras mengolah makanan setelah seharian beristirahat.

Apabila Anda langsung mengkonsumsi makanan berat dan sulit dicerna, lambung akan mengalami shock dan buka tidak mungkin di kemudian hari lambung akan mengalami masalah.

2.  Buah-buahan

Buah-buahan sudah selayaknya masuk ke dalam daftar menu buka puasa sehat dan enak. Bagaimana tidak? Kandungan nutrisi dan vitamin yang terkandung di dalam buah-buahan sangat diperlukan oleh tubuh untuk mengembalikan energi yang hilang akibat berpuasa seharian.

Anda bisa mengkonsumsi buah-buahan seperti kurma yang memang identik dengan bulan Ramadan, pun buah ini memiliki manfaat untuk memberi energi bagi tubuh. Atau, Anda juga bisa mengkonsumsi buah-buahan yang kaya akan serat seperti jeruk, semangka, dan kiwi guna mengembalikan cairan tubuh yang terdehidrasi saat berpuasa.

3.  Smoothies

Smoothies adalah makanan buka puasa yang bisa Anda jadikan pilihan makanan untuk buka puasa yang sehat. Smoothies yang terdiri dari campuran buah-buahan, gandum, granola, hingga biji-bijian ini, selain rasanya lezat, juga menyehatkan karena dapat mengembalikan energi yang hilang. Untuk menambah kenikmatan, sajikan smoothies dalam keadaan dingin.

4.  Nasi Merah

Alih-alih nasi putih, ada baiknya Anda mengkonsumsi nasi merah saat berbuka puasa. Nasi merah adalah salah satu makanan buka puasa yang menyehatkan, pun tak kalah enak dan mengenyangkan seperti nasi putih.

Alasan mengapa nasi merah itu sehat dan cocok dikonsumsi selama bulan Ramadan adalah, nasi jenis ini mengandung zat besi yang banyak, lebih banyak dari nasi putih. Zat besi adalah salah satu nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh setelah berpuasa seharian penuh, karena mineral yang satu ini berfungsi untuk memberikan energi.

5.  Nasi Jagung

Selain nasi merah, alternatif menu buka puasa yang sehat lainnya adalah nasi jagung. Siapa sangka, nasi yang dihasilkan dari jagung tua yang ditumbuk lalu dikukus ini kaya akan serat di dalamnya, sehingga sangat bagus untuk memperlancar pencernaan.

Tak hanya itu, mengkonsumsi nasi jagung saat berbuka puasa juga mencegah Anda terkena kondisi kekurangan darah (anemia). Ini karena nasi jagung juga mengandung mineral zat besi.

6.  Ikan

Siapa bilang makanan buka puasa yang sehat biasanya tidak enak? Ikan adalah salah satu makanan untuk buka puasa yang enak namun tergolong sehat, lho.

Mengkonsumsi ikan saat buka puasa diperbolehkan, malah dianjurkan. Pasalnya, ikan banyak mengandung nutrisi dan vitamin, namun rendah lemak. Sehingga, makanan laut ini cenderung aman untuk dikonsumsi, terlebih bagi Anda yang tengah melakukan diet saat puasa.

Kendati demikian, cara mengolah ikan untuk menjadi menu makanan buka puasa yang menyehatkan perlu diperhatikan. Jika ingin menyajikan ikan goreng, gorenglah ikan menggunakan minyak zaitun, alih-alih minyak biasa. Atau, buatlah hidangan berkuah yang berisikan ikan dan sayur-sayuran sehingga lebih menyehatkan.

7.   Kentang Rebus

Terutama untuk Anda yang tengah berdiet, kentang rebus dapat dijadikan menu makanan buka puasa selama bulan Ramadan. Kentang rebus yang diklaim rendah kalori menjadi alasan mengapa makanan ini idealnya harus berada di atas meja makan Anda guna disantap saat berbuka puasa.

Namun, bukan berarti Anda yang tidak diet tidak boleh mengkonsumsi kentang, lho. Kentang rebus adalah sumber karbohidrat kompleks yang berfungsi untuk mengembalikan energi bagi tubuh.

8.  Oatmeal

Serat yang terkandung di makanan buka puasa yang satu ini menjadikannya pantas untuk dihidangkan bersama menu sehat lainnya saat berbuka puasa.

Selain melancarkan pencernaan, mengonsumsi oatmeal saat berbuka puasa juga akan memberikan efek kenyang yang lebih lama sehingga walaupun makan secukupnya, Anda tidak cepat lapar, mengingat tak lama setelah waktu berbuka Anda akan melaksanakan ibadah salat Tarawih.

9.  Yogurt

Es biji selasih dan kolang-kaling terlihat nikmat dan menyegarkan. Namun, adanya pemanis buatan pada kedua makanan untuk buka puasa tersebut dinilai tidak menyehatkan. Alih-alih demikian, ahli gizi lebih merekomendasikan Anda untuk menyantap yogurt.

Yogurt yang kemudian dikombinasikan dengan buah-buahan diklaim sebagai menu makanan buka puas yang sehat, di samping tentu saja nikmat. Yogurt efektif untuk melancarkan sistem pencernaan agar tetap dapat berfungsi baik selama berpuasa.

10. Madu

Makanan untuk buka puasa selanjutnya yang tidak boleh Anda lewatkan adalah madu. Ya, madu yang memiliki rasa manis ini disebut-sebut efektif untuk meningkatkan metabolisme tubuh yang sempat mengalami penurunan akibat berpuasa.

Selain itu, mengkonsumsi madu sebelum Anda menyantap hidangan utama juga dapat membantu mengontrol berat badan.

11.  Air Putih

Puasa sudah pasti akan membuat kita mengalami dehidrasi. Oleh sebab itu, saat berbuka puasa (juga saat sahur), minumlah air putih sebanyak 2 – 3 gelas. Ini untuk menjaga agar tubuh tidak mengalami dehidrasi yang begitu parah, yang mana hal tersebut akan mengganggu fungsi tubuh Anda.

Itu dia rekomendasi makanan untuk menu buka puasa yang bisa Anda konsumsi selama bulan Ramadan. Tetap sehat selama berpuasa guna tampil prima di Hari Raya Idulfitri nanti. Selamat berpuasa!

Facebooktwitterredditpinterestlinkedintumblrmail