Makan Ikan Sebanyak Ini Bisa Cegah Kanker Usus

ikan-salmon-doktersehat
Photo Source: pexels.com

Salah satu masalah kesehatan yang cukup banyak menyerang masyarakat Indonesia adalah kanker usus. Masalahnya adalah 30 persen dari penderita penyakit ini adalah mereka yang ada di usia produktif. Jika sampai kondisi ini dibiarkan begitu saja, dikhawatirkan akan menyebabkan dampak yang lebih serius seperti kematian dini.

Mencegah kanker usus dengan makan ikan

Sebuah penelitian yang dilakukan para ahli dari University of Oxford serta International Agency for Research on Cancer (IARC) melibatkan lebih dari 476 ribu orang. Dalam penelitian ini, para partisipan diminta untuk menjawab kuesioner yang isinya adalah kebiasaan makan sehari-hari. Hasil dari penelitian ini adalah, mengonsumsi minimal tiga porsi ikan setiap hari bisa menurunkan risiko terkena kanker usus dengan signifikan.

Sebagai informasi, penelitian ini dilakukan untuk mengetahui kebiasaan mengonsumsi daging ikan para partisipan. Hasilnya adalah, jika kita mengonsumsi 359,1 gram daging ikan apapun jenisnya, maka akan menurunkan risiko kanker usus hingga 12 persen. Jika kita mengonsumsi daging ikan berlemak layaknya ikan sarden atau ikan salmon sebanyak 124 gram saja setiap minggu, risiko kanker usus bisa diturunkan hingga 10 persen.

“Sepertinya, mengonsumsi daging ikan memang berpengaruh positif bagi risiko terkena kanker usus. Daging ikan bisa direkomendasikan sebagai bagian dari pola makan yang sehat sehari-hari karena tinggi kandungan asam lemak tak jenuh ganda yang bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan memberikan perlindungan dari berbagai macam peradangan dan masalah kesehatan,” tulis penelitian ini.

Penelitian yang didukung pendanaannya oleh World Cancer Research Fund ini dipublikasikan dalam jurnal berjudul Clinical Gastroenterology and Hepatology. Dr. Anna Font dari WCRF menyebut hasil penelitiaan ini membuktikan bahwa daging ikan memang bisa menurunkan risiko kanker usus. Dia pun berharap ada penelitian lebih lanjut demi menemukan makanan-makanan lain yang juga bisa memberikan manfaat yang sama.

“Jika kita mau mengubah gaya hidup lebih sehat seperti memperbanyak asupan serat, makan gandum, menjaga berat badan, rajin berolahraga, dan menurunkan asupan daging olahan atau daging merah, risiko terkena kanker usus bisa semakin ditekan,” terang Lisa Wilde dari Bowel Cancer UK, Inggris.

Manfaat kesehatan lainnya dari hobi mengonsumsi ikan

Tak hanya nikmat untuk dikonsumsi, pakar kesehatan juga menyebut daging ikan sebagai bahan makanan yang bisa memberikan banyak sekali manfaat kesehatan.

Berikut adalah berbagai manfaat kesehatan tersebut.

  1. Baik bagi kesehatan jantung dan pembuluh darah

Kandungan asam lemak omega 3 yang sangat tinggi di dalam daging ikan bisa menyehatkan jantung dan pembuluh darah. Kandungan ini akan menurunkan kadar kolesterol jahat dan mencegah penggumpalan darah. Rutin mengonsumsinya dua porsi saja dalam seminggu bisa menurunkan risiko penyakit jantung.

  1. Membantu menurunkan berat badan

Ikan yang tinggi kandungan DHA bisa membantu menurunkan jumlah lemak di dalam tubuh. Jika kita menjadikannya salah satu program diet bersama dengan olahraga, maka berat badan bisa turun dengan efektif.

  1. Melawan berbagai macam peradangan

Ikan memiliki kandungan anti peradangan. Rutin mengonsumsinya tentu akan bisa mencegah masalah peradangan pada persendian, prostat, tenggorokan, dan kandung kemih.

  1. Baik bagi kesehatan mata

Penelitian membuktikan bahwa mengonsumsi ikan dua porsi dalam seminggu bisa mencegah degenerasi makula, glaukoma, serta masalah mata kering.

  1. Baik bagi kesehatan otak

Kandungan asam lemak omega 3 akan membuat fungsi otak semakin meningkat. Kita pun akan lebih baik dalam berpikir, berkonsentrasi, mengingat, hingga membuat kesehatan mental menjadi semakin membaik.

Sumber: Dokter Sehat

Facebooktwitterredditpinterestlinkedintumblrmail