Sajian Istimewa di Rumah: Resep Kepiting Lada Hitam

Makanan laut atau seafood merupakan salah satu jenis makanan yang banyak digemari. Seafood memiliki banyak sekali varian dagingnya yang enak dan sedap untuk disantap. Rasanya yang gurih serta teksturnya yang berbeda dengan daging hewan darat seperti sapi atau ayam, menjadikan seafood memiliki daya tariknya tersendiri. Tak hanya enak, seafood pun memiliki berbagai kandungan baik untuk tubuh. Mulai dari protein hingga asam lemak omega 3 yang sangat baik untuk kesehatan. Salah satu seafood yang paling digemari karena rasa dagingnya yang gurih adalah kepiting.

Walaupun memiliki cangkang yang keras, namun di balik itu sebenarnya kepiting memiliki daging yang lembut dan berasa gurih. Hal inilah yang menjadi daya tarik terkuat dari kepiting, walaupun harganya mahal. Kepiting sendiri memiliki kandungan kalsium, fosfor dan vitamin A yang baik untuk kesehatan. Tak heran jika kepiting menjadi salah satu sajian istimewa untuk santap siang atau malam Anda. Kepiting akan menjadi sangat enak jika dipadukan dengan saus, sehingga dapat menemani rasa gurih dan lembut dagingnya. Memang sih, terdapat banyak sekali varian saus yang dapat Anda padukan dengan kepiting. Namun salah satu varian saus yang paling cocok untuk bersanding dengan kepiting adalah saus lada hitam. Hmm! Ingin tahu cara membuat kepiting lada hitam seperti di restoran favorit Anda? Ini dia resep kepiting lada hitam dari kami.

44. kepiting lada hitam

Bahan-Bahan:

-3 ekor kepiting (1 ½ kg), dicuci bersih, belah menjadi dua

-4 sdm air perasan jeruk nipis

-minyak untuk menggoreng

Bahan-Bahan Saus:

-2 sdm minyak untuk tumis

-6 siung bawang putih, dimemarkan

-3 cm jahe, dimemarkan

-2 sdm saus tiram

-4 sdm kecap asin

-1 sdm kecap manos

-4 sdt merica hitam butir, ditumbuk kasar

-100 ml air

-100 gram bawang bombay, diiris tipis memanjang

-1 sdt tepung maizena, dilarutkan menggunakan 30 ml air

Langkah-Langkah:

  1. Setelah membersihkan kepiting, langkah pertama untuk resep kepiting lada hitam adalah merendam kepiting dengan air perasan jeruk nipis. Balurkan air perasan jeruk nipis pada kepiting hingga semua sisinya terbalut, kemudian sisihkan selama kurang lebih 15 menit.
  2. Jika kepiting sudah selesai dilumuri dengan air perasan jeruk nipis, saatnya memasak! Goreng kepiting di dalam minyak yang sudah panas sebentar, tujuannya hanya untuk mengubah warna kepiting. Setelah itu tiriskan kepiting. Saatnya memasak saus lada hitam!
  3. Panaskan minyak terlebih dulu, kemudian masukkan bawang putih dan jahe. Tumis kedua bahan hingga mengeluarkan wangi yang khas. Setelah itu, masukkan saus tiram, kecap manis, kecap asin, merica hitam, serta garam. Aduk semua bahan hingga merata pada saus.
  4. Selanjutnya, tambahkan air ke dalam wajan, dan biarkan hingga mendidih.
  5. Jika saus sudah mendidih, masukkan kepiting yang sudah digoreng sebentar ke dalam wajan, lalu masak hingga daging kepitingnya matang sempurna dan saus lada hitamnya meresap.
  6. Terakhir, tambahkan irisan bawang bombay serta larutan tepung maizena, kemudian masak lagi hingga bawang bombay menjadi layu. Nah, kepiting lada hitam Anda sudah jadi.
  7. Angkat kepiting dan tuangkan saus lada hitam di atasnya. Sajikan panas-panas. Kepiting lada hitam Anda siap untuk disantap!

Bahan-bahan yang tidak begitu banyak, dan langkah-langkah pada resep kepiting lada hitam yang tidak begitu ribet menjadikan sajian kepiting lada hitam ini sebagai sajian istimewa yang praktis. Sajian ini sangat cocok untuk Anda yang ingin merayakan sesuatu di rumah, namun tak memiliki banyak waktu untuk memasak. Yuk, dicoba!

Sumber: Infokuliner

Facebooktwitterredditpinterestlinkedintumblrmail