Resep Kue Kering Modern: Macaroon, Dessert Cantik nan Manis dari Perancis

Tak hanya fashion atau musik saja yang memiliki tren terkini di kalangan masyarakat, kue pun punya, lho! Beberapa waktu belakangan ini, Indonesia kerajingan tren jenis kue baru, yaitu macaroon. Macaroon adalah sebuah jenis kue yang berasal dari Perancis. Macaroon sendiri menjadi berbeda karena tidak ada penggunaan tepung terigu di dalam resep kue kering modern ini. Selain itu, macaroon juga menggunakan bubuk almond dan ganache sebagai isiannya. Langsung saja yuk, simak resep macaroon berikut ini!

8. kue kering modern

Bahan-Bahan Utama:

-300 gram bubuk almond

-300 gram icing sugar atau gula halus, untuk campuran pertama

-110 gram telur bagian putih, untuk campuran pertama

-1/2 pewarna kue favorit Anda

-300 gram gula pasir, untuk campuran kedua

-75 gram air

-110 gram telur bagian putih, untuk campuran kedua

Bahan-Bahan Isian:

-550 gram cokelat putih

-275 gram krim cair atau krim segar

-50 gram glukosa

Pelengkap Bahan Isian, Rose dan Lavender:

-5 tetes aroma rose atau lavender

Pelengkap Bahan Isian, Mint Kafir Lime:

-5 tetes aroma mint

-1 lembar kulit jeruk purut

Pelengkap Bahan Isian, Lemongrass Violet:

-50 gram lemongrass

-5 gram aroma violet

Pelengkap Bahan Isian, Passion Fruit Banana:

-150 gram puree markisa dan pisang

Langkah-Langkah:

  1. Di dalam wadah pertama, masukkan bubuk almond, icing sugar atau gula halus, dan putih telur. Aduk ketiga bahan ini hingga rata tanpa mixer.
  2. Tambahkan pewarna makanan berbentuk pasta atau bubuk favorit Anda ke dalam adonan pertama tersebut. Pisahkan.
  3. Rebus air bersama gula pasir untuk adonan kedua hingga suhunya mencapai 118 derajat Celcius. Lalu tuangkan rebusan air dan gula tersebut ke dalam putih telur untuk adonan kedua di dalam wadah kedua.
  4. Aduk air rebusan dan putih telur dengan dikocok menggunakan mixer berkecepatan tinggi, dan tunggu hingga adonan menjadi kaku.
  5. Setelah adonan kedua kaku, campurkan ke dalam adonan pertama, lalu aduk hingga keduanya tercampur rata.
  6. Langkah keenam dalam resep kue kering modern ini adalah menyiapkan adonan untuk dipanggang. Kali ini Anda akan memanggang untuk bagian cangkang atau bagian atas dan bawah macaroon. Siapkan baking tray, lalu lapisi dengan kertas roti atau silvat.
  7. Masukkan adonan ke dalam piping bag, lalu mulai semprotkan adonan ke atas baking tray yang sudah dilapisi tadi dengan bentuk bundar. Sesuaikan lebar bundaran dengan selera dan keinginan Anda. Lakukan hingga adonannya habis.
  8. Setelah selesai menyemprotkan adonan kue, diamkan adonan di atas loyang selama 1 jam. Setelah itu, panggang adonan di dalam oven dengan suhu 160 derajat Celcius selama 12-14 menit.
  9. Sambil menunggu bagian cangkangnya matang, Anda bisa mulai membuat bagian isi atau filling-nya. Pilih salah satu atau beberapa bahan isian yang sudah diberitahukan bahan-bahannya di atas.
  10. Salah satu cara membuat kue kering modern ini menjadi sukses adalah membuat isian yang enak dan bertekstur lembut. Lelehkan terlebih dulu cokelat putih dengan mangkuk yang ditaruh di atas panci yang sedang direbus.
  11. Tambahkan krim cair dan glukosa, lalu aduk hingga adonan tercampur rata.
  12. Setelah itu, tambahkan bahan pelengkap isian yang Anda inginkan. Anda juga dapat berkreasi dengan aroma atau perasa lainnya untuk membuat isian macaroon favorit Anda.
  13. Saat bagian cangkang sudah matang, angkat dari baking tray, lalu biarkan dingin sebelum diolesi oleh isian.
  14. Setelah bagian cangkang sudah bersuhu ruangan, oleskan isian pilihan Anda, kemudian tumpuk dengan bagian cangkang lainnya. Macaroon Anda pun sudah siap!

Well, resep kue kering modern di atas memang cukup melelahkan, namun jika berhasil, Anda akan menikmati sajian dessert yang terkesan mahal namun lucu dan unik! Anda bisa membagikannya kepada teman-teman sebagai bingkisan atau dimakan sendiri di rumah untuk menemani santai sore Anda. Jangan lupa untuk mengambil foto dari macaroon lucu Anda, ya!

Sumber: Infokuliner

Facebooktwitterredditpinterestlinkedintumblrmail