Ada JR Connexion, Warga Cibubur Diharapkan Tidak Perlu Lagi Berangkat Subuh

Kepala Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) Elly Adriani Sinaga menyebut saat ini banyak warga perumahan di kawasan Cibubur yang harus berangkat kerja sebelum pukul 05.00 WIB.

Elly menyebut hal itu dilakukan untuk menghindari kemacetan yang kerap terjadi pada arus lalu lintas arah di Jakarta dari kawasan tersebut. Karena itu, Elly berharap adanya layanan bus Jabodetabek Residence (JR) Connexion dapat menghilangkan kebiasaan tersebut.

“Tujuan kita mengurangi kemacetan dengan mengurangi mobil pribadi. Karena sekarang di Cibubur banyak yang setengah 05.00 sudah berangkat,” kata Elly saat dihubungi, Kamis (9/2/2017).

JR Connexion adalah layanan bus menuju Jakarta yang melayani pemberangkatan dari perumahan-perumahan di Bekasi, Bogor, Cibubur, Depok, Serpong, hingga Tangerang. Dari rute yang direncanakan, perumahan di kawasan Cibubur menjadi kawasan yang paling banyak dilayani rute JR Connexion.

Menurut Elly, rute ditentukan berdasarkan survei yang pihaknya lakukan. Dari survei tersebut, Elly menyebut jumlah mobil pribadi dari kawasan penyangga yang masuk ke Jakarta setiap harinya cukup banyak yang berasal dari perumahan di kawasan Cibubur.

Banyaknya mobil pribadi dari Cibubur berdampak terhadap meningkatnya volume kendaran dari arah tersebut. Hal itulah yang diakui Elly menjadi salah satu pertimbangan pengalokasian banyak bus JR Connexion ke Cibubur.

Bus JR Connexion memiliki kapasitas 30 tempat duduk. (Baca: Pengembang Perumahan di Pinggiran Jakarta Diminta Wajib Sediakan Bus)

“Dari survei, lebih banyak sampelnya memang di sana (Cibubur). Kalau 30 mobil bisa berpindah ke dalam satu bus tentu sangat bagus untuk mengurangi kemacetan,” ujar Elly.

Berikut daftar perumahan yang akan dilayani bus JR Connexion:

– Bekasi: Lippo Cikarang, Grand Wisata, Perumahan Galaxy, Summarecon Bekasi.

– Bogor: Citra Indah Jonggol, Bellanova, Botani Square.

– Cibubur: Citra Grand Cibubur, Kota Wisata, Legenda Wisata, Puri Sriwedari, Cibubur Residence, Cibubur Country, Harvest City, Metland Transyogie, dan Kenari Nusantara.

– Depok: Pesona Khayangan.

– Serpong: BSD City, Bintaro Jaya.

– Tangerang: Lippo Village Karawaci, Citra Raya.

 

Sumber: http://megapolitan.kompas.com/read/2017/02/09/12165491/ada.jr.connexion.warga.cibubur.diharapkan.tidak.perlu.lagi.berangkat.subuh

Facebooktwitterredditpinterestlinkedintumblrmail